Saturday, March 31, 2012

Candi Borobudhur

|


Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan termasuk dalam salah satu dari 7 kejaiban dunia. Candi ini terletak di Kota Magelang tepatnya Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Di sebelah timur hingga barat terbentang Bukit Menoreh. Di sebelah timur tedapat Gunung Merapi dan Merbabu. Disebelah barat terdapat Gunung Sindoro dan Sumbing.
Pembangunan Candi ini dimulai pada tahun 824 M. Pada waktu itu Dinasti Sailendra sdg memerintah di Jawa Tengah. Raja-raja di dinasti Sailendra beragama Buddha Mahayana. Pembangunan Candi ini di butuhkan waktu selama 50 tahun.
Tinggi candi Borobudur 42 meter dan dasarnya berbentuk persegi yg panjangnya 123 meter. Dinding candi di penuhu dg relief-relief yg menceritakan tentang kehidupan manusia pd waktu itu, juga menggambarkan tentang surga dan neraka. Terdapat juga patung atau arca yg jumlahnya 500 buah. Di puncaknya terdapat stupa yg berukuran besar.
Candi Borobudur menjadi tempat wisata yg terkenal di seluruh dunia. Banyak turis domestik maupun asing yg berdatangan mengunjungi candi Borobudur. Selain itu candi ini digunakan untuk upacara Waisak umat Buddha yg dilaksanakan di bulan Mei.

1 comments:

admin said... April 5, 2012 at 2:17 AM

Bangga punya BOROBUDUR... :) Mantap, tetap cintai budaya negeri sendiri... :)


Jhekos
Salam kenal

Post a Comment

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

My Banner

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali
Image by FlamingText.com

Recent Post

Sponsors

Copyright © 2011 Robbie Blog

Template N2y Shadow By Nano Yulianto