Saturday, March 31, 2012

Jambu Air Camplong

|

Jambu air camplong memang sudah dikenal. Buah ini dipetcaya untuk menjadi hidangan kenegaraan. Taneman buah dengan nama latin Syzgium aquem itu beberapa klia diterbangkan ke Jakarta untuk jmauan kenegaraan.
Kelebihan jambu ini adalah kandungan airnya yang banyak, rasanya yang manis,tidak berbiji, warnanya putih menggoda, dan dagingnya cukup tebal. Memsuki bulan agustus, buah ini bisa ditemukan di sepanjang perjalanan Sampang-Pamekasan. Mayoritas penduduk dimlima desa di Camplong memiliki lebih dari 10 batang pohon buah jambu. Oleh karena itu, pada masa panen, produksi jambu air ini cukup melimpah.
Jambu air camplong rasanya lebih dibandngkan dengan jambu" Madura Merah", walaupun buahnya masih putih bila telah masak. Karena itulah buah ini juga disebut buah jambu "Madura Putih". Ukuranya mirip dengan jambu"Madura Merah".
Tanamn jmabu camplong hanya ditemukan di daerah Sampang pada pekarangan atau kebun.Beberapa desa di Kecamatan Camplong yang menghasilkan jambu air kualitas baik antara lain Desa Sejati, Dharma Camplong, Taddan, dan Tambaan. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sampang Ir. Hary Soeyanto, desa-desa tersebut memiliki struktur tanah yang bagus. Tanahnya yang mengandung pasir membuat tanaman jambu air dapat tumbuh dengan baik dan buahnya cukup manis.
Menurut data dinas Pertanian setempat, populasi tanaman jambu air ini yang terletak di Camplong saat ini sebanyak 160 ribu pohon. Jika satu rumah tangga sedikitnya memiliki 40 pohon jambu air, bukan tidak mungkin pemasaran potensi lokal itu mencapai berbagai kota di luar Sampang

0 comments:

Post a Comment

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

My Banner

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali
Image by FlamingText.com

Recent Post

Sponsors

Copyright © 2011 Robbie Blog

Template N2y Shadow By Nano Yulianto